Thursday, May 24, 2007

Sambel Goreng Cirebon


Description:
Ini nyontek dari sini
Cuma dikurangi takaran cabenya ... ngga kuwat pedesh ....terus ada kentang ngangur 2 biji aku ikut cemplungin juga
Hasilnya luar biasa ... makannya jadi pada nambah ..hehehe
Thank ya jeng Ningnong ...ijin copy paste ....:)

Ingredients:
1/2 kg daging sapi bagian has, potong dadu, goreng asal empuk, tiriskan
(kalao pake daging jenis lain, rebus dulu, potong, baru goreng)
1/2 kg cabe merah besar, iris tipis, cuci, keringkan, goreng sampai layu, tiriskan. (aku cuma pakai 8 cabe merah besar dibuang bijinya)
6 bawang merah, iris tipis
3 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
1 ruas lengkuas, geprek
1 batang sereh, geprek
100 ml santan
gula dan garam secukupnya
3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:
10 batang cabe merah besar ( aku : 5 buah saja ...dibuang biji juga)
8 butir bawang merah
4 butir bawang putih
3 butir kemiri
1/2 cm jahe
1/2 cm kunyit


Directions:
tumis bawang merah iris sampai harum
- masukkan bumbu ulek, dan bumbu daun, masak sampai bumbu matang
- masukkan daging dan cabai iris, aduk rata
- masukkan santan, masak sampai santan mengering
- angkat, hidangkan...

57 comments:

  1. Aduh.... yanna, benar2 enak sekali nich....!!!

    ReplyDelete
  2. mau bikinnnn ini gampang buat aku:=) kebetulan kemarin dikirimin kemiri banyak lagi ..thanks mbak !

    ReplyDelete
  3. beneran mbak ..ini enak banget ... ngga berasa maemnya nambah ... :)

    ReplyDelete
  4. iyah Ra .... hasilnya Ok banget deh ... :)

    ReplyDelete
  5. waduh enaknya, aku paling doyan tuh sambel goreng pake nasi anget dan kerupuk pluss biar afdol lauknya ditambah sapi bumbu dendeng kelem dan pindang telur...halaaahhh ngenceeessss

    ReplyDelete
  6. ngabisin nasi berapa bakul mbaaak... :D

    ReplyDelete
  7. habis 2 bakul ..tapi cuilik kok bakulnya ...bener cuiliiik ....

    ReplyDelete
  8. yap ..betul ...kerupuk ..aku pake kerupuk putih bulet itu ....:)

    ReplyDelete
  9. iya ..enak mbak ...cuman aku kan ngga kuwat pedes jadi cabenya tak kurangi banyak ....

    ReplyDelete
  10. wah, kayaknya kapan-kapan perlu dicoba nih ... soalnya suka "buntu" kalo udah ketemu ma daging ... :))

    ReplyDelete
  11. wuaaah ngiler.com :D ...ngabisin dua bakul yakk...hmmm...hihihihihi :D wajar kok wajar...makan sama sambel goreng mah emang bawaan nya pengen nambah

    ReplyDelete
  12. Aku doyan banget menu satu ini apalagi kalo dibikin pedes banget ,... uenyak..uenyakkk

    ReplyDelete
  13. gleg...baca aja bikin ngeces....

    ReplyDelete
  14. iya ..kemaren aku ngga pake daging has dalam ... karena nemunya daging semur di supermarket ya udah pake itu aja ... direbus sebentar ...terus digoreng ...hasilnya empuk ....:)

    ReplyDelete
  15. iya ya ..kenapa ya ....*ambilsebakullagi*

    ReplyDelete
  16. aku ngga kuwat pedes ... kalo mulut masi tahan ...perut ngga tahan ....langsung panas ...

    ReplyDelete
  17. hihhihihi ...promosi ningnong soal sambel goreng ini terbukti ..:)

    ReplyDelete
  18. eh aku tu suka sambel goreng cirebon yg gak pake santen itu lho, pake kecap... itu jg ngabis2in nasi... :D

    ReplyDelete
  19. dirumah adanya udang..diganti udang gimana Yana??

    ReplyDelete
  20. kayak apa Yu .... di posting dong ...*siapinsebakullagi*:)

    ReplyDelete
  21. bisa aja mbak mustina ... .pake udang enak juga pastinya...:)

    ReplyDelete
  22. kalau aku buatnya, cabe 1 kg, dagingnya cuma 1/2 kg....tetep ga pedes...... :-)

    ReplyDelete
  23. haaaaaaaaaa........ segini aja buatku udah cukup pedes .... :(( maak ..itu cabe didagingin bukan daging dicabein ..hehehe .....

    ReplyDelete
  24. kebayang enaknya....
    syl baru mau masak untuk makan malam
    punya daging, tapi beku di freezer :(
    kapan2 mau dicoba ah
    tfs ya, yan

    ReplyDelete
  25. cabenya yg cabe gede......jgn cabe keriting.
    kalau cabe gede sih, ga pedes lah......
    anak aku aja udah berani makan...hehehe

    ReplyDelete
  26. sedap banget nih keliatannya Yaaann.........gue nyontek yaaahhhh hehehehe

    ReplyDelete
  27. sedap banget nih keliatannya Yaaann.........gue nyontek yaaahhhh hehehehe

    ReplyDelete
  28. Looks yummy :-)
    Jadi pengin euy :-D

    ReplyDelete
  29. aku juga beraninya pake cabe gede ...dibuang biji pula ....hehehe

    ReplyDelete
  30. bole-bole ...silakan dicoba deh .....:)

    ReplyDelete
  31. iya mbak Syl ....selamat masak ..:)

    ReplyDelete
  32. doyan ...:) tapi sambil minum terus...masih kepedesan buat dia ..

    ReplyDelete
  33. Tosss dulu mbak.. kemarin aku juga masak nasi jamblang (bener gak ya nyebutnya).. dibungkus daun jati (karena didepan rumah ada 3 pohon jati yang daunnya gede gede..) lauknya, sambel goreng cirebonan, sayur tahu, dan udang tepung... nikmat banget...:) makannya sama keringetan he..he.

    ReplyDelete
  34. whaaaa..... kirim2 dooong .....:)

    ReplyDelete
  35. Sambal goreng ala Cirebon nih emang sedep. Mungkin karena cabenya dirajang kecil-kecil ya Yan?

    ReplyDelete
  36. iya dirajang dan di ulek juga mbak ...

    ReplyDelete
  37. gilekk ya... liat fotonya sampe nelen liur.. **jorok ye gue** hehehehhe...

    ReplyDelete
  38. Yan aku mau ikutan ah, nanti kusuruh ibunya anak2 bikin, cuma aku gak begitu suka daging sapi, bagaimana kalau ati sapi atau daging sapi cincang terus di bunder2 in kayak baso dalam ukuran kecil.Kentangnya digoreng dulu kan supaya tidak benyek dan pilih kentang kuning,sebab kalau kentang putih kurang gurih.
    Cuma aku agak heran dari mana unsur cirebonnya ? Tadinya kukira pasti sambel goreng rebon!

    ReplyDelete
  39. bisa ajah diganti ati sapi atau daging cincang bulet2.....yup betul ...kentang digoreng dulu ...:)
    ngga jelas juga deh ..mungkin dahulunya sambal goreng model begini ditemukan di daerah Cirebon ...sebab bumbunya beda dikit sama sambal goreng biasa ....

    ReplyDelete
  40. aduh, enak banget nih.. sedep.. kesukaan adikku juga.. besok-besok bikin ah. Thanks buat resepnya ya :-)

    ReplyDelete
  41. misi...mau dicoba niy...doakan berhasil ya ntar laporan lagih...

    ReplyDelete
  42. Ass.Yanna, minta ijin mau copypaste ya... Aku mau coba nih, kebetulan my hubby doyan banget sama yg puedes-puedes. Thank you Yan, Wass..

    ReplyDelete
  43. mba, saya minta ijin contek resepnya ya..makasih:)

    ReplyDelete