Tuesday, July 24, 2007

Kue Lumpur


Description:
Punya cetakan kue lumpur dari pasar ikan...hasil ngerepotin Mbak Ine ...hehehe..makasi yah mbak ...:) penasaran pengen tak coba ... kebetulan ada ibuku ...yang penggemar kue lumpur ... blio tak tanyain resepnya...jawabnya ... ibu ngga pake resep ... cemplang cemplung jadi ..yah susah deh ....ngebrowse ajah ... eeehhh ketemu disini ...duuh ..jadi kangen sama yang punya blog inih .... semoga ini menjadi amalan yang mengalir terus ...amiin
Setelah membandingkan beberapa resep ..aku pilih yang ini dengan modifikasi di takaran bahan ...aku sesuaikan sedikit...yang jadi pertimbangan ini resep pake minyak nabati ... lumayan lebih sehat daripada pake margarin ..*sok sehat banget ngga sihh .....:P*
Setelah dicoba hasilnya memuaskan ...kue lumpur seperti yang aku idam-idamkan .... ngga terlalu manis ... lembut .... dan ngga nempel di langit2 waktu dikunyah ...
Mangga atuh ....dicobian
Source Resep : http://dapurbunda.blogspot.com/2006/01/kue-lumpur.html dengan sedikit modif takaran bahan oleh sayah sendiri

Ingredients:
150 gr gula pasir
250 gr tepung terigu (aku : 200gr)
500 gr kentang, kukus dan haluskan (aku : 450 gr kentangnya pake kentang tes)
100 gr minyak sayur
3 kuning telur
2 putih telur
500 ml santan Kara (300 santan Kara+200 air), rebus, dinginkan (aku : 450ml, garamnya aku masukkan disini)
1 sdt vanilli
1 sdt garam

Directions:
1.Kocok gula dan telur sampai putih dan mengembang, masukkan vanili, masukkan santan, aduk perlahan samapi rata
2. Masukkan kentang halus, aduk rata.
3. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai rata dan halus
4. Panaskan cetakan, olesis edikit minyak
5. Tuang adonan dalam cetakan 3/4 penuh ... beri topping kismis/kelapamuda atau apa aja yang kira-kira cocok
6. Bakar sampai matang ...
7. Angkat dan hidangkan ....

58 comments:

  1. Aku juga pernah nyoba resepnya alm. Inong tapi diberi kelapa muda diatasnya. Kelapa mudanya dicelupin air panas dulu biar ngga cepat basi. Emang enak tuh kue lumpurnya. Tapi aku ngga kepikir di upload di MP, ngga fotoin si kue juga.

    ReplyDelete
  2. Masih sisa nggak? hehehehe..aku dah pernah nyobain juga resep ini emang enak :-)

    ReplyDelete
  3. semalem bikinnya udah jam 8-an gituh pulang kantor ... inget ngga punya makanan fresh buat bekal nesya sekola ... jadi pake bahan yang ada ajah ....
    enak ya mbak ini kue lumpurnya ...

    ReplyDelete
  4. jam 10 sajah ....:P tapi sekarang ngantuk ....

    ReplyDelete
  5. wah enak nih kue lumpurnya...coba deket dah minta dibagi nih..

    ReplyDelete
  6. Mba yana kalau gak ada cetakannya solusinya gimana ya? hehehe abis disini gak ada sih tapi kepengen bikin...

    ReplyDelete
  7. waaksss lumpuuuurrr.....satu2nya jajanan pasar kedoyanan si akang :):):)

    ReplyDelete
  8. Haaaaaaaaa.... wis suwe ra gawe kue lumpur....
    Mbok, coba bikin kue lumpur labu kuning. Resepe sama aja, tinggal ganti kentang dg labu kuning.... huenak!

    ReplyDelete
  9. dibagi potona ajah yah heheheh .....:)

    ReplyDelete
  10. pake apa ya .... hmmm ..... ada wajan dadar kecil ngga ? yang kayak buat bikin telur ceplok gt ...?bisa pakai itu ...

    ReplyDelete
  11. lolos seleksi yah Teh ...hehehe..:)

    ReplyDelete
  12. matur suwun idenya MbakYu ... nanti tak coba kalow nemu labu kuning ....pake kabocha iso ra ?

    ReplyDelete
  13. Aduh enak banget nih.....
    Cetakan kue lumpur kayak apa sih? Kalau pake cetakan poffertjes bisa nggak?

    ReplyDelete
  14. *kasihtisu* dilap ya ngencesnya ....hihihih

    ReplyDelete
  15. Asyiiiiikkkkkk. Bisa dicoba nih. Kebetulan aku punya loyang poffetjes yang buerat sekali. Belum pernah dipake. Thanks ya resepnya.....

    ReplyDelete
  16. Nanya lagi, minyak sayurnya yang encer atau yang kental? Di sini aku punya 2 jenis minyak untuk memasak yaitu oive oil yang biasanya untuk menumis dan minyak bunga matahari yang biasanya untuk menggoreng. Pake yang mana sebaiknya?

    ReplyDelete
  17. yang minyak untuk menggoreng aja mbak ...minyak bunga matahari ... aku pakenya minyak kelapa ...

    ReplyDelete
  18. iyah mbak ..selamat mencoba ..sekalian memberdayakan loyang poffertjesnya ...:)

    ReplyDelete
  19. Ok deh kalau gitu. Thanks ya........hugggsssss....
    Nanti kalau kue ku jadi, aku lapor deh.....

    ReplyDelete
  20. biar kata judulnya 'lumpur', gue teteup ngeces....
    Bagi dong..buat temen teh hejo gue nih.
    Muaaaaaaaaaaaal!

    ReplyDelete
  21. Aku paling suka kue lumpur, apalagi yang ada logonya ' Teri ' , kalau di Jawa istilah teri itu adalah yang paling enak, karena di teri, artinya dianteri. Jadi gak usah beli !
    Yan, kalau di Sidoarjo , katanya kue apa saja kalau sampai jatuh akan menjadi kue lumpur , karena kena dampak lapindo rupanya.

    ReplyDelete
  22. aduh ngan ningalian resep wae, katingalina mani raos..
    Alhamdulillah mun tiasa di kintun ka bumi.

    ReplyDelete
  23. enyak nih kayaknya..truz ibu komentar apa na?..

    ReplyDelete
  24. disini gak ada cetakan kue lumpur pake cetakan takoyaki bisa gak ya Yan??

    ReplyDelete
  25. saking kebanyakan lumpur ya ...:)

    ReplyDelete
  26. ehhehe ... mangga ..tiasa da....:)

    ReplyDelete
  27. cuman komen singkat ...iya ini dah pas ..enak kok ...katanya :)

    ReplyDelete
  28. kalo melihat dari bentukna sih mustinya bisa mbak ...:)

    ReplyDelete
  29. aku ni belum nyampe2 ke pasar ikan ...yang ada nitip mulu :)

    ReplyDelete
  30. sama gak nyampe2 kesana ... gak tau jalan ke pasar ikan heheh

    ReplyDelete
  31. mecing banget..daku juga lagi pengen kue lumpur..mau bikin ndiri apadaya gapunya cetakannya :((

    ReplyDelete
  32. klo kayak gini siy cuma bisa ngiler...ga ada cetakan nya doooh.. :(

    ReplyDelete
  33. Nuhun yach Yanna..sdh share recipe...nanti pasti dicobain.

    ReplyDelete
  34. ini juga kesukaan aku Yan.....
    tapi.....
    seudah aku diet ketat no carb, ngak pernah deh aku makan kue lumpur lagi.
    duh....
    ngiler deh...............
    hihi..................

    ReplyDelete
  35. Aku doyan banget sama kue yang satu ini...:p

    ReplyDelete
  36. hihihihi ..iyah ...musti ajak bu lurah biar ngga nyasar ...:D

    ReplyDelete
  37. pake teplon yang buat ceplok telor ajah ceu ...gpp lah sedikit raksasa ....hhihihihih

    ReplyDelete
  38. hehehe iya ..susah ya mbak ..padahal bahan dan bikinnya gampang banget ...

    ReplyDelete
  39. diet no carb terus diganti makan apa teh Ratna ?

    ReplyDelete
  40. ternyata..stelah bongkar2 lemari dapur, eh ada tuh cetakan kue lumpur..hehehe
    dan dari kurleb 25 biji aku ngabisin 12 *gembul*

    ReplyDelete
  41. bikinnn ahhh...tapi cetakannya ga punya nih..make apaan yaa...hiks

    ReplyDelete
  42. hihihi bener juga yaa...tapi mesti beli duluuu..mana mahal jek..ga kuku ah :(..minta aja deh 2 biji *melas*

    ReplyDelete
  43. hehehe ..sinihhhh ....ato engga pake wajan teflon yang kecil yang suka buat telor ceplok .... heehhe kueh lumpur raksasa ...:D

    ReplyDelete