Monday, March 26, 2007

Cantik Manis a.k.a CenteManis


Description:
Sudah cantik manis pula .. hehehe .....
Ini jenis kue tradisional yang aku suka...suka pesan sama ibuku kalo beliau mau jalan2 dan kira2 lewat toko kue ..
Semalem aku diingetin sama Mbak Us ..kalo masi punya nangka hasil panenan kebun kakak ...dia nanya bu nangkanya mau dibikin apa ...soalnya udah ngga laku :) Cek bahan ... ada biji delima ... daun pisang sisa bikin pepes ...santan ....yuuukkk ...dibikin deh ...
Buka-buka primarasa..nemu resep Cantik Manis ... tapi ngga punya tepung Hunkwe .. diutuslah Mbak Us untuk membeli tepung itu ...
Ternyata ...eh ternyata ..tepungnya ada warnanya ...yah udah kadung didihin santen ..hayokk sinih nyemplung aja ... jadinya pinky deh ...hehehe ngga putih bersih ....:))
Kalo rasa udah mirip sama yang suka dijual ... dengan catatan yang ini gulanya ngga pake gula biang looh ...dan tambahan rasa serta aroma nangka ...hmmmmmm ..
Sumber : Primarasa - Kudapan & Dessert

Ingredients:
100 gr biji delima
1300ml santan
1 sdt garam
250gr gula pasir (aku pake 200gr saja...ngga suka manis)
1 lembar daun pandan
125 gr tepung hunkwee
175 gr nangka , potong dadu (bisa juga gunakan kelapa muda)
daun pisang/plastik

Directions:
1. Didihkan air secukupnya, rebus biji delima sambil diaduk sampai matang, siram dengan air matang dingin, tiriskan
2. Rebus 1000ml santan bersama garam, gulapasir, dan daun pandan sambil diaduk-aduk samapi santan mengental, kecilkan api
3. Campur sisa santan dengan tepung hunkwee hingga rata
4. Tuang larutan hunkwee dalam santan mendidih sambil diaduk-aduk hinggamengental. masukkan biji delima dan nangka, aduk rata, angkat
5. Bungkus adonan dengan selembar daun pisang atau plastik, rapikan, dinginkan
6. Siap disajikan

81 comments:

  1. yanna....
    thank you for sharing
    ini jajan pasar yang selalu ngangenin, inget masa kecil
    wuih... jadi kepingin ke bogor permai.... borong jajan pasar di sana.
    apa kabar yan ?

    ReplyDelete
  2. iyah mbak ..aku suka maem ini cuman sekrang banyak yang pake gula biang ..jadi agak2 segen mau beli ...:)
    kabarku baik mbak ...Mbak Syl gimana ...kapan ni mudik ke Bogor ...:)

    ReplyDelete
  3. Yana, kayaknya pacar cinanya kok masih ada putihnya dalamnya ? gak bening semua...hehehehe ....

    ReplyDelete
  4. iya mbak hihihih.... nunggu bening semua takut kematangen ... terus biar keliatan juga ,...soalnya hunkweenya pinky ...hihihih yang ini ngeles ...hahaha ....

    ReplyDelete
  5. iyah ...habis makan yang serba coklat pas latbar kemaren ...pengen sesuatu yang tradisional gitu ... hehehe

    ReplyDelete
  6. Ini enaknya disimpen dulu di kulkas baru disantap...Kirimin gue dong..

    ReplyDelete
  7. Yan, bikinin pastel dong.. ngidam nih :D :D

    ReplyDelete
  8. TFS.....ya mba......permisi boleh di sedot kaga nieh.........ya di kirim dunkzzzzz ke malaysia .....

    ReplyDelete
  9. hahahaha beneran deh...Yana....
    tapi jadi pengen...cuman males motong palstiknya...saya lupa beli palstik bungkus gini waktu mudik...

    ReplyDelete
  10. boleee ...boleee ..masi ada 2 lagi ni ...tadi mbekel ke kantor :)

    ReplyDelete
  11. pastel isi sayuran apa yang kering mbak ?

    ReplyDelete
  12. aku punya banyak mbak ....hehehe ...:)

    ReplyDelete
  13. iyah ...ataauuu ...di potong2 ... masukin di kuah santan encer aja... tambahin gula merah dikit..kasi es serut/batu...:)

    ReplyDelete
  14. Yana belinya dimana itu ? aku butuh 2 macam, palstik buat bungkus lemper yang agak ijo itu ama plastik buat bungkus ginian.... kalau kamu tau tempatnya aku nitip kamu aja ya....
    Ntar kita ketemuan bawain boleh gak....
    ntar aku reimburse.... makasih ya....

    ReplyDelete
  15. bole mbak ... nanti aku beliin ....:)

    ReplyDelete
  16. Makasih ya say....muuuaaahhhhhh................
    Eh kalau ketemu Dede, bilang salam dari aku temen SMP2 nya..., ntar kan dia kaget...lha kok bisa kenal ama Yana.... heheheheh

    ReplyDelete
  17. wah, ide bagus nich buat dibawa pengajian kamis besok ...
    thanks ya Non ... dari tadi bingung je mau bikin apa ... :))

    ReplyDelete
  18. emang plastik buat bungkusnya kayak gimana sih mbak yanna ?

    ReplyDelete
  19. palistik bening dijualnya udah dipotong2 gitu ...bisa si pake plastik biasa yang tebal tapi motongi sendiri :)

    ReplyDelete
  20. Cemilan enak...., iya tuh plastiknya beli dimana? Bocorin dong nama tokonya.

    ReplyDelete
  21. beli di toko plastik di Bogor mbak ... mau titip ?

    ReplyDelete
  22. hehehehehe....secara bukan penggemar jajan pasar tapi pengen nyoba bikin juga soale JJ dan my mom demen jajan pasar. TFS mbak Yanna

    ReplyDelete
  23. Mau..mau..seperti biasa dengan cara yang modern untuk pengirimannya he he..Ntar aku telp kamu Yan.

    ReplyDelete
  24. oooo namanya cantik manis?
    jajanan wkt masih SD heheheehe

    ReplyDelete
  25. hehehe silakan mbak .... mbungkusnya ditunggu agak dingin ya ... kalo masi panas dia encer banget ...agak susah diatur ..plus panas ...hehehe

    ReplyDelete
  26. iyah hehe ...sudah cantik manis pula ...legit dehh ....hehehe

    ReplyDelete
  27. wah..sesuai ama namanya "cantik dan manis",nah..seperti kata temen temen diatas disini susah cari plastik yang udah dipotongin,ribet kalo motong sendiri,lagian didini plastiknya gak tebel

    ReplyDelete
  28. disini mah banyak mbak ... pake hmmmdaun pisang ..susah juga ya hehehe

    ReplyDelete
  29. maauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu aku mau itu makananku tuh waktu di indo kakaku suka bikin enak banget jadi kangen ama mpok-ku.

    ReplyDelete
  30. boleh juga nich buat variasi kue tampahku... thanks kuemu enyak2 dech....

    ReplyDelete
  31. ini masuk kue favoritku, tapi aku sukak yg dibungkus daun, lebih sedep baunyah!

    ReplyDelete
  32. aku juga doyan ini tapi ngga bakal bisa bikin disini ngga ada tepung hunkwe ..

    ReplyDelete
  33. aku juga suka ini yan...kalo beli di kartika sari pasti yg ini gak ketinggalan tapi suka kurang soale sekotak isinya campursari, CM ini palingan aku beli cuma 4biji, coba bikin sendiri ya...? hayalan belaka..!

    ReplyDelete
  34. oooh... ini toh yang namanya Cente Manis? gw sukaaaaa... tapi nyari tepung hunkwe dimana ya? *mikir*

    ReplyDelete
  35. iyah mbak ...aku juga bikin yang versi dibungkus daun ....ngabisin daun sisa bikin pepes....emang lebih wangi ya ..:)

    ReplyDelete
  36. hmm ...tepung hunkwee bisa diganti ama apa ya ? tepung hunkwee ini kalo ngga salah asalnya dari kacang hijau ...

    ReplyDelete
  37. hehehe ..... emang makan ginian ngga berasa ....

    ReplyDelete
  38. di pecinan atau toko yang jual bahan2 oriental gt kali ada ya ... ini asalnya dari kacang hijau kalu ngga salah...

    ReplyDelete
  39. wuah enak banget niy yan..kalo biji delima beneran bisa ga yan?disini ga ada tuh bji delima yg untuk bikin centemanis.adanya buah delima nya beneran.

    ReplyDelete
  40. ya lain atuh neng .... bisa si bikin ndiri ...dulu pernha diajari mbokku ...pake tepung tapioka gitu ...tapi agak ribed...hihihih

    ReplyDelete
  41. Yana..ini kue kesukaan aku dan kareem...berebut ber-2 klo makan kue ini.

    ReplyDelete
  42. hehehe ..ternyata aku banyak teman ...aku juga doyan banget ini kue .... salam buat Kareem yah mbak ...:)

    ReplyDelete
  43. Ha..ha.. Mba, aku langsung bikin beberapa hari setelah baca posting Mba. Lha ternyata tepung hunkue yang aku beli warnanya hijau, wah..bungkusnya sih memang warna hijau, tapi ngga tahu kalau isinya tepung berwarna hijau. Jadinya aneh penampilan tuh cente manisku, tapi rasa sih sipp, habis resepnya dari Mba Yana sih..... (ngebaekin ceritanya)... Thanks ya Mba. Aku sudah lupa sama sekali sama ini makanan sampe ngelihat posting dari Mba.

    ReplyDelete
  44. itu tepung emang ajaib ..begitu dikasi air baru keluar warnanya ....kena tipu juga ya...hihiihih...
    sip deh ... aku lagi suka bikin kue2 jadul nih .... ntar cari resep lagi deee .....

    ReplyDelete
  45. met kenal ya yana...duuh mau di coba ah resep nya yg ini..

    ReplyDelete
  46. salam kenal juga ....silakan ...:)

    ReplyDelete
  47. Mba Yana,
    seperti pertanyaan Mba Esther, plastik yang dipakai ini namanya apa ya Mba ? Apa jenis PP ?
    Kemarin ini bikin dibungkus plastik yang tipis kayak kiloan itu, kayaknya bentuknya ngga secantik aslinya.

    ReplyDelete
  48. Kalo aku beli ditoko disini ..bilangnya plastik 'sheet' gitu ..buat bungkus kueh .... kemaren sempet kosong ditokonya aku dikasi yang suruh motongin sendiri ..plastiknya memang agak tebel mbak

    ReplyDelete
  49. mbak yana, beli plastiknya di tbk atau ada di pastrad ? bilangnya plastik jenis apa ?

    ReplyDelete
  50. aku di pastrad ...toko plastik gitu ... bilangnya plastik 'sheet' yang buat bungkus kueh ...

    ReplyDelete
  51. okay thx mbak .. aku cari dulu di pasar pondok labu :P

    ReplyDelete
  52. I've been looking for this recipe .. thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  53. mbaak..tahu biji delima udah matang itu gimana ya?..(oon.com banget deh nanyanya...ya hehehe dimaklum saja)..aku punya tapi gak tahu gimana masaknya...pingin coba ini kayaknya gampang..

    ReplyDelete
  54. kalow udah matang bening semua ......menurut mbak Estherlita ... direbus dengan air mendidih ..sampai hampir bening semua ...angkat ... siram air dingin ... kalow masi ada yang putih2nya ...rebus lagi sebentar dengan air dingin ....

    ReplyDelete
  55. Oooh gitu...sip sip thank you banget. Week end ini kalau ada waktu mau coba'in ah...=)

    ReplyDelete
  56. siipp ..semoga berhasil yaa ....:)

    ReplyDelete
  57. wah ini plastiknya kalo di sini apa yah ..soalnya gak nemu kalo yg plastiknya yg tebel kaya gitu jadi kalo di bungkus cantik..ada nya juga tipis banget plastiknya (plastik ziplok) jadi waktu di bungkus lengket gitu dan tidak gitu cantik...

    ReplyDelete
  58. hmm plastik apa ya mbak yang agak tebelan? kalow daun pisang ? susah juga ya nyarinya....?

    ReplyDelete
  59. cara ngebungkusnya panas2 ato pas udah dingin ? trus klo panas kan masih encer gitu ... emang kekentalannya seberapa yah? makasih yah sebelumnya atas jwbannya

    ReplyDelete
  60. ditunggu udah agak dingin mbak .... kalo masi panas banget encer dan panas tangannya hehehe ... jadi masi setengah beku gitu dibungkus ....
    semoga membantu..

    ReplyDelete
  61. makasih dik... hihihi .... tros kok kue ku agak2 butek yah? apa mungkin gulanya yang butek kali... ato emang yang bikin butek orangnya hihihi.... nyang ini ky na bener

    ReplyDelete
  62. hehehe ..mungkin gulanya atau tepungnya jadi agak2 butek hehehe ...

    ReplyDelete
  63. hmmm...enak, jadi kabita euy :) but, masalahnya sama..pake plastik apa ya? daun pisang juga seusah euy...
    btw, urang bogor nya teh?

    ReplyDelete
  64. plastik yang aga tebelan ajah ... iyah saya sekarang jadi orang Bogor :D

    ReplyDelete
  65. Ass.Yana, aku mau ikut2an cari plastik utk bikin CM dan lemper nih (ketularan Mb'Es) tapi di Saudi gak ada yg jual, masa' harus nunggu mudik ke Jkt dulu, keburu dah gak pengen bikin deh, hehehehe... Kalo ada yg tau di Jkt dimana bisa beli plastiknya, mhn infonya ya... Kalo bener2 gak ketemu tokonya, boleh gak titip sama Yana? Thank you Yan, Wass.

    ReplyDelete
  66. di jakarta di toko yang njual palstik2 gitu mbak ..mustinya ada ..mgkn di mayestik kali ya ... namanya plastik 'sheet' ada yang masi gelondongan musti potongs endiri ..ada yang udah dipotongin..kalo mau titip bole .... kapan mo pulang bilang2 aku yaa ...:)

    ReplyDelete
  67. KOQ WARNANYA PINKY?
    PAKE APA ITU MBAK?

    INI EMANG ENAKKK BANGET!!
    THANKZ A MILLION!

    ReplyDelete
  68. itu hunkwenya warnanya pinky mbak ..hehehe

    ReplyDelete
  69. Mba makasi resepnya, Yahud!!! Emang ngrebus biji mutiaranya harus sabar....

    ReplyDelete
  70. sama-sama mbak ... iya ni saya kadang ngga sabaran hehehe :)

    ReplyDelete