Sunday, June 11, 2006

Roti Manis


Description:
Masih dalam rangka memberdayakan buku 'ROTI'-nya Manfred Lange & Bogasari Team ....yang aku buat ini adalah roti manis ...ini hasil kes ekian kalinya aku bikin ....ada sedikit modifikasi ..aku tambahin bread improver sama telurnya pake kuning semua hasilnya awet lembut ....dibesokin juga masih teteb oke .....
Yang aku buat isiannya ada yang coklat, keju, chips warna warni,ikan tuna kalengan...:D

Resep Aseli : 'ROTI' by MAnfred Lange & Bogasari Team
tapi udah dikutak-katik ama Oyan :D

Ingredients:
500 gr terigu protein tinggi
125 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdt bread improver ..*kalo diresep untuk satu kg tepung biasanya pake 4gr*
2 butir kuning telur
125 ml susu cair
125 air *bisa pakai air hangat/dingin ..aku biasanya pake air dingin/air es*
15 gr ragi instant
80 gr butter/margarine *bisa juga dicampur shortening/mentega putih dengan perbandingan 1:1*

2 kuning telur, kocok lepas untuk olesan

Bahan Isian :
coklat, keju, pisang, daging, ikan tuna atau yang ada ajah ...:D

Directions:
1. Aduk semua bahan kering menggunakan mixer dengan kecepatan rendah, asal tercampur rata
2. Masukkan margarin, telur diikuti dengan air + susu, untuk air+ susu jangan dituang semua ...perhatikan adonan, apabila sudah cukup lembek airnya jangan dihabiskan...*part yang susah menurut aku ..karena musti pake feeling*
3. Mixer sampai kalis, tandanya kalis adalah kalo ditarik mulur terus bisa jadi lembaran tipis transparan tanpa sobek ...
4. Setelah kalis ..istirahatkan adonan 10 menit
5. Buang gasnya , kemudian ditimbang seukuran @ 50 gram atau sesuai selera ..lebih besar lebih bagus ...karena akan lebih cepat selesai hihihihi....
6. Istirahatkan lagi 15 menitan
7. Kempiskan adonan, buang gasnya ...isi dengan bahan isian ..bentuk sesuka hati ....*waktu pengisian dilakukan sesuai urutan sebelumnya, jadi yang udah ngembang diurus duluan* ataur di loyang yang sudah dioles margarin tipis ajah
8. Istirahatkan lagi 30-60 menit ...oleskan kuning telur *ada juga yang dicampur susu cair supaya lebih mengkilap...tapi aku ngga pake ...*
9. Panaskan oven sampai dengan 180 derajat C, panggang roti selama lebih kurang 10 menit ..atau sampai kuning kecoklatan cantik ...seperti yang digambar itu loohhhh ....hehehehe
10. Selamat menikmati .... ada yang bilang jangan makan roti panas-panas .... tapi kok enak ya ... lembuuttt.....hhmmmm.....nyammmmmm

22 comments:

  1. iyaaaaaaaaaa...... *sabar menanti mode ON*

    ReplyDelete
  2. kelihatan cantik Yan, trus....rasane piye? kirim ke sini gih...biar aku ikut cobain :-))

    ReplyDelete
  3. hihihi ...iyah lupa cerita rasanya ....hasilnya lembut mbak ... trus dibiarin sehari jg tetep lembut ...bisa dikombinasiin pake isian yang manis atau asin juga rasanya masih pas ...resepnya nanti malem tak update ...ketinggalan ....alamatnya mana mbak ?hihihihih

    ReplyDelete
  4. sabar yaaa....hehehe mudah2an ntar malem bisa online ....:D

    ReplyDelete
  5. makasih ya neng, resepnya.. baru liat lg nih hari.. btw, pake olesan kuning telur ngga keras tu?

    ReplyDelete
  6. engga ....bagus kok ....dicampur sama susu kalo mo lebih mengkilap ...trus dah keluar di oles butter lagi ....

    ReplyDelete
  7. mbak bread improver itu apa'an sih ?

    ReplyDelete
  8. Bread Improver itu bahan buat pengempuk roti ... kan biasanya kalo roti homemade udah dibesokin jadi keras ...nah kalo pake bread improver bisa tahan lembutnya ...:)

    ReplyDelete
  9. he eh bener tuh... jadi lebih empuk dengan penambahan bread improver.. juga putih telurnya aku ganti dengan kuning telur.. awet empuk yah!

    ReplyDelete
  10. Mbak saya nih baru seminggu atau mungkin 4 hari join NCC karena dari Dapur Mbak Ine.
    Trus nemuin blognya Mbak ini.
    Mau tanya dong, kemarin saya praktekin resep roti manis ini, cuma koq ngga ngembang yah.
    Ada yang masalah di aku kali yah, tolong bantu koreksi boleh kan yah Mbak ,

    1. Mentega nya dalam keadaan dicairkan hangat atau harus dalam suhu dingin sih Mbak, kemarin saya cairkan pakai microwave dulu soalnya.
    2. Disini ngga ada Bread Improver dijual bebas mesti pesen OL ke commercial, apa pengaruh ngga ya, karena kemarin ngga dipakein sama sekali.
    3. Mixer yang dipakai apa harus pakai attachment khusus buat mengolah adonan roti/dough yah Mbak, kemarin saya pakai mixer attachment biasa yang buat bikin kue itu.
    4. Urutan masukin mentega terus telur terus baru susu+air harus seperti itu persis yah Mbak ? Kemarin soalnya dibantuin anakku yang 4 tahun, saking ributnya kita berdua lupa deh itu aku masukkin telur terus susu terus baru ingat masukkin mentega dan lagi hangat itu mentega cair lagi.
    5. Rotinya sih enak rasanya cocok banget kita, cuma yah itu seratnya koq ngga mekar sama sekali.
    Bantuin yah Mbak... pls...pls...pls...
    2.

    ReplyDelete
  11. Sama mau tanya juga Mbak, Saya bikin setting-an Multiply koq cuma dapat 3 Header yah.
    Saya lihat Mbak Ine dan Mbak kok bisa headernya banyak, boleh ngga berguru juga, saya bongkar-bongkar filenya Multiply help koq ngga nemuin apa=2 mengenai ini. Saya pikir store resep saya juga di blog supaya kemana aja bisa dibuka ngga tergantung sama edisi print-2 an yang sekarang udah jadi setengah lemari penuh.
    Makasih yah Mbak sebelumnya

    ReplyDelete
  12. aku jawab satu2 yaa ....
    1. menteganya suhu biasa ...atau kalo aku karena disini panas jadi pake mentega dingin dari kulkas tapi ngga beku
    2. Engga pake juga ngga pa apa .... itu bahan tambahan aja buat melembutkan roti ..tapi kalo ngga pake ngga apa2 ..tapi mungkin jadinya ngga awet empuk
    3. Ngaduknya pake pengaduk yang untuk roti yang kalo di handmixer bentuknya untir2 ..atau di mixer besar bentuknya kayak tangannya kapten hook
    4. urutannya ngga mesti ... tapi intinya si bahan kering dulu tercampur rata baru bahan cairnya bergantian
    5. Ngga mekarnya mungkin karena menteganya cair plus panas/hangat ... ini bisa menyebabkan raginya mati ...jadi ngga ngembang ....:)

    coba lagi jangan kapok yaa ....

    ReplyDelete
  13. Uuuuuhh. makasih banyak, pasti ngga kapok, besok bikin lagi pasti deh.
    Soalnya disini roti isinya ngga kayak di Indonesia , terutama ngga ada pisang coklat, boro-2 itu isi coklat doang aja juga kagak ada. Anak saya seneng banget maminya bikin sendiri roti-2 ini, dia pinter juga tahu masakan enak.
    Besok aku contact lagi boleh yah. Malam pastinya, kan sorenya bikin roti he..he..he

    ReplyDelete
  14. sama-sama ..... mudah2an kali ini sukses yaaa

    ReplyDelete
  15. Hi, Yanna. salam kenal donk. Senang sekali bisa nyobain resep ini. Resepnya kelihatannya sip semua apalagi lihat gambar2nya bikin ngilerrrr deh. Sebelumnya thanks dulu seberat-beratnya. Saya sudah buat rotinya jadi lho. Padahal saya coba resep yg dr acara gula2, bikin roti jadinya kayak batu, bingung deh mana yg salah. Cuma ada beberapa pertanyaan nih mengenai resep mbak Yanna.
    1. emang ngaduk pakai mesinnya harus lama ya sb saya ngerasa waktu tunggu 10 menit itu nggak ngembang, di tonjok nggak ada gas nya.
    2. kenapa warna roti nya nggak secerah gambarnya mbak yanna? apa ovennya harus yg tokcer?
    3. terus kulitnya agak keras, kalau saya bilang kayak roti buat makan sup org barat? apa saya kurang kasih apa?
    Thanks ya mbak Yanna cantik
    Sanny

    ReplyDelete
  16. oo ya lupa kasih tahu, saya buatnya pake mentega yg asin? apa itu masalahnya?
    Thanks

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah ....seneng deh ...:)aku coba jawab ya ..
    1.Ngaduk pake mesin cukup sampai kalis.. cara ngetes kalis nya ..ambil sedikir adonan terus dibentang kan ... kalau adonan ditarik tidak sobek .. jadi lembaran tipis gitu ..itu tandanya sudah kalis ... kalo dimixer kelamaan nanti adonannya jadi panas ... kalo adonan panas nanti bisa mati ragi-nya..
    kalo ngga ngembang mungkin faktor udara ..kalo dingin emang lama ngembangnya ..jadi aku biasnaya ditaruh di bowl terus ditutup pake plastick wrap gitu ...atau plastin lembaran terus dikaretin juga bisa
    2. Supaya warna rotinya cerah ya ? yang aku pake untuk olesan telur utuh ...trus dikasi susu cair sedikit ....nanti panas2 baru diangkat langsung dipoles butter/margarin
    3. Kalo kulitnya agak keras ..hmmm kelamaan manggang kali ya ... atau adonan pas di proofing ngga di tutup jadi kering gitu...
    4. pake maentega asin ngga masalah kok ...aku kadang buat pake margarin juga ..

    ReplyDelete
  18. Atina ...ini kok baru kebaca ya sama aku ....duuh ,...maap ya non ....gimna acara bikin rotinya sukses ngga ?

    ReplyDelete
  19. hello mbak, mau nayak nih...aku ada bread maker yg bisa buat dough nya..apa boleh aku masukin semua bahan kesana??? kemarin digituin..malah adonan nya ngak naik?? bantu dong...

    ReplyDelete
  20. mbak ...aku belum pernah buat pake bread maker ... mungkin diikuti aja sesai ptunjuk di bread makernya mbak .... yang aku tahu kalo ragi kena garam raginya jadi mati .... itu adonannya kalis ngga mbak?

    ReplyDelete