Sunday, April 16, 2006

Bolu Kukus 10 Menit


Description:
Resep ini yang membebaskan aku dari 'kutukan bolkus' ..... sekali bikin ..hmmm langung sukses deh ...

Sumber : Fatmah Bahalwan

Ingredients:
450 gr gula pasir (aku : 400gr)
500 gr tepung terigu
4 butir telur
300 ml air/susu (aku : 400ml)
1 sdm emulsifier
1 sdt essence *optional*
pewarna makanan sesuai selera

Directions:
1.Siapkan dandang, biarkan sampai mendidih
2.Kocok semua bahan jadi satu kira-kira 10 menit atau lebih kalau adonan masih belum kental mengembang
3.Siapkan cetakan bolu kukus, alasi dengan paper cup
4. Ambil adonan secukupnya beri pewarna
5. Tuang adonan dalam cetakan, tuangi atasnya dengan adonan berwarna, kukus 15 menit *jangan lupa tutup dandang dialasi serbet ....

Selamat Mencoba ...dan terbebas dari kutukan bolu kukus ....:D

49 comments:

  1. woooww, cantiknya! merah dan merekah... selamat ya, udah lolos dari kutukan bolkus :)
    btw, kenapa airnya kamu tambah jadi 400 ml? ngga takut keenceran tuh..?

    ReplyDelete
  2. Engga kok...karena waktu pertama nyoba dengan resep asli ..buat aku terlalu keras mbak ..jadi agak seret gitu..terus tak tambah airnya ...lebih lembut hasilnya ..dan teteb bisa mekar merekah ..

    ReplyDelete
  3. cantik banged, yan! bolkusnya ketawa ngakak hihihihi.. aku blum nyoba euy bikin bolkus. kudu punya loyangnya dulu kah?

    ReplyDelete
  4. cetakannya kecil2 gitu mbak ... dari alumunium bolong2 segede paper cup..atau bisa pake loyang biasa yang kotak atau bunder...tapi mungkin jadinya ngga bisa ngakak gitu ...lebih mirip gunung meletus ...hihihhi...

    ReplyDelete
  5. ngga ngakak berarti cuma mesem ya? hihihihi

    ReplyDelete
  6. mbak "emulsifier" itu seperti apa ya? ama kayak soda kue gitu?

    ReplyDelete
  7. Bukan ....bentuknya kayak salep warnanya kuning....merknya disini ada Sponge 28, TBM, SP, Ovalet ..

    ReplyDelete
  8. iya, itu dia. ibuku dulu punya sak lusin. tapi ntar barangkali bisa nyari di pasar depok kali yeee??? atau pas tdpi sama mbak ine nih, kudu masukkin list. di sini aku blum nemu loyang begituan.

    ReplyDelete
  9. iyah .....banyak kok mbak ..dari yang alakadarnya sampe yang bagus ..trus ada juga yang ngga satuan ...jadi kayak loyang bunder trus ada bolong2nya gitu ..kayak cetakan muffin tapi bunder tapi bolong2 ..nah lo ..kebayang ngga ...hihiihihhihi

    ReplyDelete
  10. halo mbak,cantik banget bolu kukusnya

    ReplyDelete
  11. halo juga mbak .... makasi ....:)

    ReplyDelete
  12. minggu lalu,aku cobain buat sarapan pagi,sukses berat,heheh...sampe meledak mau ngelewatin tutupnya,parah ya,mungkin kebanyakan aku nuangnya,terus karena masih sisa,ya udah aku taru juga di cupcakes yg ukuran kecil2,jadi lucu lucu,ada pinknya,ada ijo (rasa apple) ada coklat (aku pake milo).pokoknya sip dech kalo ikutin resepnya mbak Yanna,pasti tokcerrrrrr.Thaaaaaanksssssssssssssssssss yaaaaaaaaaaaaaaaaa,hehehe

    ReplyDelete
  13. lucunya,waktu taruh di cupcakes,gak ngarep ngakak,kan bukan khusus cetakan bolkus,tapi meledak juga tengah,cuman ya ekstrim banget.ngakak kecil2 an gitu,hi hi hi,happy dech

    ReplyDelete
  14. maksudku, gak ekstrim gitu, typo,sorry ya

    ReplyDelete
  15. iya ...mungkin tekanan uapnya kurang ya kalo pake cetakan muffin ... ngga ada bolong2annya ...selamat ya ...berhasil bikin bolkus juga...:)

    ReplyDelete
  16. waduh cantik nyaaaa ...pasti kokinya juga cantek :P

    ReplyDelete
  17. maap baru dibales mbak ... bisa jadi 30-40 biji lah kira2 ..banyak banget kok ....pake cup yang ngga terlalu besar

    ReplyDelete
  18. Mbak, aku sih belum nyobain, cuma dulu kalo bikin dari resep Femina jaman baheula kok selalu pake air soda ya ? Dulu aku dan ibuku selalu pakai merk Fanta karena nyoba pakai air kelapa cuma jadi gunung hamil. Apa sukses ledakannya itu karena effek emulsifier nya kali yah Mbak. Seingatku kita dulu juga pakai ovalet tapi tetap masih pakai Fanta juga dan kayaknya ngga pakai air ataupun susu sama sekali deh.Thanks yah Mbak suhuku terbaru

    ReplyDelete
  19. hehehe jangan bilang suhu ah ..masi jauh banget ilmunya ....
    emulsifier fungsinya sebagai pengemulsi untuk menstabilkan adonan supaya ngga turun lagi setelah carian masuk .... bisa ketawa kalo menurut aku si karena komposisi adonan dan teknik mengocok ... kalo ngocoknya sampe kental banget dan berjejak ... Insya Allah bisa ketawa bolkusnya...fanta/ air atau susu bisa dipake terserah mau yang mana boleh2 aja

    ReplyDelete
  20. Aku nyobain ini Mba Minggu lalu atau 10 hari lalu lupa, ngga ada yang ngakak , cembetut semua, kayak mau pecah tapi malu gitu. Akhirnya rasanya jadi agak2 kayak kue mangkuk tapi ngga enak . Aku mau order disini namanya lecithin granula yang ada, katanya sifatnya sih emulsifier, mau beli tapi tetap mau coba lagi sih sebelum beli, penasaran kok masih kena kutukan bolkus.

    ReplyDelete
  21. kenapa ya ... langsung turun kali ya adonannya pas cairan masup...

    ReplyDelete
  22. Mungkin masih ada beberapa kesalahan 1. Telurnya dingin langsung dari kulkas; 2. Ngga pakai emulsifier ngga ada yang jual, mau beli OL masih back order sama bread improvernya sampai besok ini; 3. Ngga punya cetakan bolu kukus maupun cetakan muffin yang individual, aku pakai itu lho yang disebut Cucing buat orang Chinese minum arak, maklum cuma itu yang bisa ditemuin di pasaran sini; Soal air masuk ngga ada koq maksudnya Mba waktu dikukus kan ? ngga koq aku tahu soal itu.
    Mau tak coba lagi dengan telur dalam kondisi suhu kamar, tapi masih tanpa emulsifier habis pasti belum nyampe tuh sampe minggu depan barangnya kalau order Internet gitu

    ReplyDelete
  23. wiih ngiler banget tiap lihat gambar bolu kukusnya Mba Yana, udah 10 tahun lebih ngga ngelihat dan makan itu bolu ngiler berat nih

    ReplyDelete
  24. iya telurnya sebaiknya pake yang suhu kamar .... cetakan mungkin pengaruh mbak ... cetakan bolu kukus kan bolong2 ....jadi panasnya lebih cepat naik ...kalo pake cucing agak ketahan ....

    ReplyDelete
  25. Mbak, aku akhirnya berhasil bikin bolu kukus, ngga nyerah nih, aku googled "bolu kukus cucing" directed ke resep bolu kukus unik dari tabloid nova unik karena adonan diisikan kedalam kulit telur lalu dikukus dalam cucing, adonannya pakai air soda, tapi resep originalnya terlalu tawar menurutku ga gurih, aku modifikasi, maklum suhunya kan Mba Yana ahli modifikasi. Aku tambahin susu bubuk 50 gr. Enak dan ngga masalah kok pakai cucing. Tapi aku ngga pakai kulit telur ribet, tapi cantik sekali di photo resep tabloid nova. Ah....akhirnya bisa makan bolkus setelah gitu lama, puas banget.

    ReplyDelete
  26. whaaaa hebat .......:) nanti share resepnya ya yang pake cucing ....sama fotonya sekalian ....hebat deh ... maju terus pantang mundur ...:)

    ReplyDelete
  27. mba yanna...thanks ya buat resepnya..semalem aku dah nyoba 1/2 resep...dan benar2 terbebas dari kutukan ..bolkusku semuanya pada ngakak! hmm..salah satu kuncinya jg rupanya hrs isi adonan penuh yaa...n klo aku rasanya krg manis jd perlu ditambah gula lagi..
    pokoknya thanks a lot yaa....

    ReplyDelete
  28. hmm..nambah..krn iseng,aku ngetest ngukus pake cetakan muffin..hmm teteup mekar n ngakak lho! pokoknya cihuy uhuy lahhh adonannya...senenggg bgt..

    ReplyDelete
  29. sip ....deeeehh ....aku ada resep satu lagi ....dijamin ngakak juga ...dan hasilnya lebih lembuutt hasilnya ..... nanti aku upload yaa :)

    ReplyDelete
  30. yana,
    emulsifier itu apa yah..penting banget gak untuk bikin bolu ini

    ReplyDelete
  31. emulsifier itu bahan untuk menstabilkan adonan mbak ...supaya telur yang sudah dikocok tidak turun lagi intinya si untuk menggabungkan antara lemak dan cairan pengemulsi gitu ...
    sebenernya engga pake jg bisa taopi ngocoknya harus sampai kental benar... atau diganti pake susu kental manis ...ini bisa menggantikan emulsifier

    ReplyDelete
  32. nanya lagi nih yana, biar bolu kukusnya keluar gitu gimana yah..kok aku nyoba gak bisa ke buka gitu yah..jadi kaya kue muffin gitu..gak kaya bolu kukus..hik hik sedih deh..gak cantik keliatannya

    ReplyDelete
  33. resepnya gimana mbak ? pake resep diatas bisa mekar ..tapi rasanya kurang ok ..ada resep lagi bisa mekar bagus spt ini, udah beredar dimana-mana resepnya :

    500gr tepung terigu all purpose
    400gr gula pasir
    6 butir telur
    1 sdm emulsifier / susu kental manis
    200ml santan
    200 ml air soda (bsia ditambah sampe 50 ml cm aku belum coba)

    caranya buatnya sama

    ReplyDelete
  34. Hi, mbak Yanna yg ayu. Bolu yg saya bikin mekar juga tapi kok bawahnya agak bantet & saya rasa keseluruhan juga agak padat waktu digigit nggak seperti itu lho kalau org jualan punya kalau digigit terasa empuk seperti awan lho.
    1. apa telur & gula & emulsifier nya harus dikocok dulu yg lama?
    2. Gulanya hrs pakai gula halus?
    3. Terigunya saya pakai terigu rendah protein, apa itu masalahnya?
    Aduuh sorry pertanyaan nya banyak padahal bikin bolu doank, maklum deh biasanya cuma bisa masak air.
    Trims ya mbak

    ReplyDelete
  35. mbak pakai resep yang mana ...resep yang diatas emang padat ... meskipun itu sudah sudah saya tambah jumlah air-nya ... tapi memang mekar.
    yang bawah lebih lembut ....kalau bagian bawahnya padat..mungkin adonannya sempat turun waktu dikukus..
    initinya si memang benar waktu mengocok gula+telur+emulsifier harus sampai kental betul dan ketika kocokan diangkat di adonan terlihat jejaknya
    gulanya pakai gula pasir biasa ...

    hehehe ...sama kok aku juga masi belajar mbak ... :)

    ReplyDelete
  36. Alo mba,salam kenal.....
    resep bolu kukus mba bener2 paten banget.Aku coba bikin,tuh bolu bisa mekar dan bagus,dulu2 pernah bikin tapi gagal mulu.
    thx yaa mba....

    ReplyDelete
  37. Terimakasih banyak ya Mbak Yanna atas pengetahuannya tentang Bolkus , jadi tambah pengetahuan deh ...

    ReplyDelete
  38. salam kenal juga :D memang mekar dan bagus ... cuma kurang lembut ya ...

    ReplyDelete
  39. mbak yanna, salam kenal ya...kueh2nya bikin ngiler euy.
    tadi pagi dibela2in bikin bolukukus ini 1/2 resep, tp airnya aku tambahin 50 ml...(bandel ya..)
    pas dibuka tutupnya si mekar mbak..ngakak cuakep..tapi kok dia ciut lagi ya pas mo diambil..salah dimana ya?
    mhn advicenya..makasih

    ReplyDelete
  40. gpp tambahin air aja ... soalnya ini resep hasilnya seret hehehe ....ngukusnya kurang lama mungkin mbak ... ngga ketetesan air kan ?

    ReplyDelete
  41. ga mbak..aku tutupnya udah dikasih serbet.
    kl ngukusnya mmg cuma 10 menit. soalnya loyang bolkusnya juga kecil mbak..tingginya ga nyampe 1,5cm mbak...
    apa karena itu ya? hmmm...

    ReplyDelete
  42. bisa jadi ... mungkin belum tanek ...hmmm apa ya matang sempurna gitu ..

    ReplyDelete
  43. nanti ku coba lagi de ya...insya allah aku kasih laporannya lagi ke mbak.
    tapi bikinnya mungkin kalo udah mulai kangen lagi sama si bolu kukus. sekarang masih mahteg banget, bis bantet juga abis banyak...heheheh (maruk.com).
    thx ya mbak...resep yang laen aku mo coba juga ah...
    makasih

    ReplyDelete
  44. aku juga problem nya gitu mbak, udah bagus.. eh ciut lagi. pdhal aku pernah bikin buagussss banget... kenapa ya.. salahnya apa?? api harus besar or kecil sih? aku udah pake serbet tutupin kok, gak ada air netes lah.. nyebelin banget deh.. terima kasih ya mbak

    ReplyDelete